Sunday, January 13, 2013

Catatan 15 Musim Terakhir La Liga Boleh Bikin Barca Pede


Jakarta - Paruh pertama La Liga Primera 2012-13 telah tuntas dengan Barcelona memuncaki klasemen. Meski musim masih tersisa separuh, catatan dalam belasan musim terakhir menunjukkan Barca kini ada di atas angin.

Sampai dengan jornada 19 Barca memuncaki klasemen La Liga dengan 55 poin, unggul 11 poin dari Atletico Madrid yang ada di posisi dua dan 18 poin dari Real Madrid di posisi tiga.

Menilik data statistik yang dimunculkan Infostrada Live, Barca sejauh ini boleh optimistis. Pasalnya, dalam 15 musim terakhir La Liga cuma ada tiga tim yang gagal jadi kampiun di akhir musim setelah sebelumnya juga memimpin klasemen di pertengahan musim.

Madrid menjadi tim pertama dalam periode itu, setelah memuncaki klasemen tengah musim 2001/2002, tetapi kemudian disalip Valencia yang di akhir musim jadi juara.

kemudian ganti menjadi tim yang lebih dulu ketinggalan di akhir musim sebelum kemudian menyalip tim lawan, dan akhirnya jadi juara, pada musim 2002/2003. Di tengah musim ada Real Sociedad yang bercokol di pucuk klasemen.

Di musim 2006/2007, yang harus jadi perhatian untuk Lionel Messi cs musim ini, Barca memuncaki klasemen di pertengahan musim. Namun, di akhir musim justru Madrid-lah yang menjadi juaranya dengan raihan poin setara dengan Barca.

Di dalam 15 musim terakhir La Liga, Barca sudah delapan kali memimpin klasemen tengah musim, dengan tujuh di antaranya kemudian juga sukses dimenangi. Satu-satunya kegagalan adalah pada musim 2006/2007 sebagaimana disebutkan sebelumnya.


( krs / krs )

0 comments

Post a Comment