Thursday, January 3, 2013

Joe Cole Pulang ke Upton Park

London - Merintis karier profesional di West Ham United, Joe Cole sedang bersiap pulang ke klub pertamanya itu. Proses kepindahannya dari Liverpool hampir dipastikan segera rampung.

Cole dalam dua hari berada di markas West Ham, termasuk untuk menjalani tes kesehatan. Ia memilih The Hammers walaupun mantan manajernya, Harry Redknapp, sempat menawarinya untuk bergabung dengan Queens Park Rangers.

West Ham dilaporkan tak perlu menyetor uang buat Liverpool, karena "Si Merah" memang sudah dipastikan tidak membutuhkan Cole dan bahkan berniat memutuskan kontraknya dengan si pemain. Dengan melepas Cole, Liverpool berhemat sekitar 4 juta poundsterling karena kontraknya masih tersisa 18 bulan.

Joe Cole, yang pernah digadang-gadang akan menjadi memulai kariernya di Upton Park saat masih ditukangi Redknapp di musim 1998/1999. Pada tahun 2003 ia direkrut klub kaya baru, Chelsea, dan bermain di London barat sampai musim panas 2010.

Setelah mengakhiri kontraknya dengan Chelsea, Cole, kemudian memilih bergabung dengan Liverpool walaupun juga dimaui Tottenham Hotspur. Namun ia gagal mendapatkan tempat di Anfield, dan lebih sering menjadi pemain pengganti.

Liverpool kemudian meminjamkannya ke klub Prancis, Lille, di mana Cole tampil cukup impresif. Sekembalinya ke Merseyside di musim ini, gelandang berusia 31 tahun itu ternyata tak mampu juga meyakinkan manajer Brendan Rodgers supaya dirinya bisa dilibatkan lebih besar.

West Ham sedang mengusahakan agar proses transfer Cole bisa segera selesai, dan ia bisa langsung dimainkan di pertandingan Piala FA hari Sabtu besok melawan Manchester United. Kemungkinan besar Cole akan mengenakan lagi nomor punggung yang pernah ia pakai di masa awalnya di West Ham, yakni 26.



( a2s / mrp )

0 comments

Post a Comment