Friday, January 18, 2013

Kritik Wasit, Allardyce Didakwa FA


London - Manajer West Ham United, Sam Allardyce, harus menerima konsekuensi atas kritik yang dia tujukan kepada wasit Phil Dowd. Allardyce dijatuhi dakawaan oleh Asosiasi Sepakbola Inggris (FA).

Allardyce mengecam Dowd seusai pertandingan ulangan babak ketiga Piala FA melawan Manchester United di Old Trafford, Kamis (17/1/2013) dinihari WIB, yang dimenangi MU dengan skor 1-0. Allardyce menilai Dowd berat sebelah dalam memimpin laga karena membuat keputusan-keputusan yang lebih banyak menguntungkan tim tuan rumah.

Salah satu insiden yang membuat Allardyce marah adalah saat Dowd tidak memberi timnya penalti menyusul handball Rafael. Sementara itu, saat umpan silang Ryan Giggs mengenai tangan Jordan Spence, Dowd langsung menunjuk titik putih dan menghadiahkan tendangan 12 pas untuk MU.

"Tak ada keraguan tentang perbedaan antara handball Rafael dan handball Jordan Spence. Spence bermain untuk West Ham dan tim tamu, sementara Rafael adalah pemain tim tuan rumah di Old Trafford," kecam Allardyce saat itu.

"Dengan Rafael, bola mengenai tangannya, tapi tak ada penalti. Dengan Jordan Spence, bola mengenai tangannya dan penalti. Anda melihat itu berulang-ulang terus di Old Trafford," ujarnya.

Komentar Allardyce itu dianggap sebagai sebuah pelanggaran oleh Komite Disiplin FA. Mereka pun menjatuhkan dakwaan kepada manajer berusia 58 tahun itu.

"Dakwaan ini berkaitan dengan dugaan pelanggaran Aturan FA E3 tentang komentar di media yang mempertanyakan integritas wasit dan atau ofisial pertandingan secara umum dan atau tersirat bahwa wasit dan atau ofisial pertandingan secara umum termotivasi oleh bias dan atau membawa pertandingan kepada nama buruk," demikian keterangan FA.

Allardyce punya waktu sampai Rabu (23/1/2013) untuk menanggapi dakwaan ini.


( mfi / mfi )

0 comments

Post a Comment