Sunday, January 20, 2013

Miniseri Roma-Inter Dimulai Malam Ini

Roma - Dalam selang tiga hari AS Roma dan Internazionale akan bertempur dua kali. Miniseri itu akan dimulai tengah malam ini, dalam lanjutan Serie A pekan ke-21.

Pada pertemuan pertama mereka di giornata 2 di awal September, Roma berhasil memukul Inter di Giuseppe Meazza dengan skor 3-1. Sejumlah kalangan memandang itulah penampilan terbaik Roma sejauh musim ini.

Minggu (20/1/2013) malam, atau Senin dinihari WIB, giliran Inter bertandang ke Olimpico. Tiga hari kemudian, mereka kembali berduel di tempat yang sama di leg pertama babak semifinal Coppa Italia. (Leg kedua akan dihelat pada 17 April -- sebelumnya ditulis 30 Januari).

Sebelum ke Coppa, Inter akan meladeni Roma dengan tujuan melanjutkan misi mereka finis tiga besar di liga. Satu hal yang kurang enak dibaca tifosi mereka adalah, Antonio Cassano dkk. gagal mencetak gol dalam tiga pertandingan tandang terakhirnya di Serie A.

Namun, secara umum performa kedua tim saat ini tidak jauh berbeda, seperti halnya posisi mereka di klasemen sementara: Roma keenam, Inter nomor empat. Dari 20 partai sebelumnya, Inter memenangi 60%, kalah 30%. Tren kemenangan terbaik mereka adalah tujuh berturut-turut. Adapun Roma, mereka cuma memenangi setengahnya, kalah 40%, dan kemenangan beruntun terpanjangnya cuma empat.

Dari sisi penyerangan, Roma masih tim terkuat dengan melesakkan total 43 gol, atau rata-rata 2,1 gol per game. Hanya dua kali pasukan Zdenek Zeman gagal menjebol tim lawannya. Ironisnya, pertahanan I Lupi rapuh karena kebobolan sampai 34 gol (1,7 per game), serta hanya empat kali clean-sheet.

Sementara itu penyerangan Inter terbilang medioker, tertajam nomor enam dengan torehan 32 gol, dan itu pun sebagian besar dibagi oleh ketiga penyerangnya: Diego Milito (8 gol), Cassano (5), Rodrigo Palacio (6), plus Fredy Guarin (4). Sebaliknya, pertahanan mereka tergolong bagus, hanya kebobolan rata-rata 1,1 gol per game. Mereka bisa clean-sheet sampai tujuh kali dari awal musim.

Penampilan Roma dan Inter di awal 2013 juga mirip-mirip. Mereka sama-sama memulai dengan kekalahan: Roma menyerah 1-4 dari Napoli, Inter dibekap Udinese 0-3.

Roma minggu lalu bahkan kalah lagi (0-1) dari Catania, sebelum memperbaikinya dengan mengalahkan Fiorentina 1-0 di Coppa. Sedangkan Inter, di Serie A pekan lalu bisa menang 2-0 atas Pescara, tapi harus bertarung 120 menit melawan Bologna untuk bisa lolos ke semifinal Coppa.

Untuk pertandingan malam ini, Romanisti tentu berharap timnya bisa mengulang sukses mereka musim lalu, ketika menggasak La Beneamata 4-0 di Olimpico. Sebaliknya, pasti penasaran karena dalam empat pertemuan terakhir kedua tim di semua kompetisi, mereka tak bisa menang.



( a2s / ads )

0 comments

Post a Comment