Thursday, January 24, 2013

Penalti Wakaso Menangkan Ghana

Port Elizabeth - Ghana meraih kemenangan pertamanya di Piala Afrika 2013 saat melawan Mali. The Black Stars menang tipis 1-0 lewat penalti Mubarak Wakaso.

Dalam laga kedua Grup B yang dihelat di Nelson Mandela Bay Stadium, Kamis (24/1/2013) malam WIB, Ghana tertekan lebih dulu di menit 8 ketika kapten, Seydou Keita, cuma tipis menyamping di sisi gawang.

Asamoah Gyan di menit 12 melepaskan sepakan keras ke arah gawang tapi bisa diblok oleh bek Mali dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Kedua tim kemudian saling bertukar serangan hingga di menit 35 Emmanuel Badu dilanggar Adama Tamboura di kotak penalti saat hendak menerima umpan terobosan rekannya. Ghana kemudian mendapat hadiah penalti dan Wakaso dengan dingin menceploskan bola ke gawang Mamadou Samassa.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum dan di babak kedua Ghana meningkatkan intensitas serangan. Gyan di menit 56 punya peluang lagi lewat tembakan terukur yang dengan susah payah ditepis Samassa.

Di menit 78 Badu lewat sepakan bebas melepaskan bola melewati hadangan pagar betis Mali tapi lagi-lagi Samassa dengan gemilang mampu menepis bola itu.

Tak ada lagi gol tercipta dan Ghana berhak keluar sebagai pemenang. Ghana untuk sementara di posisi puncak klasemen dengan empat poin sementara Mali di bawahnya dengan tiga poin.

Susunan Pemain

Ghana: 16-Fatau Dauda; 4-John Pantsil, 15-Isaac Vorsah, 21-John Boye, 23-Harrison Afful; 8-Emmanuel Agyemang Badu, 10-Albert Adomah (Asante 84'), 11-Rabiu Mohammed, 20-Kwadwo Asamoah (Boateng 78'); 22-Mubarak Wakaso, 3-Asamoah Gyan

Mali: 1-Mamadou Samassa; 2-Fousseiny Diawara, 3-Adama Tamboura, 4-Adama Coulibaly, 21-Mahamadou Ndiaye; 6-Momo Sissoko (Sow 68'), 20-Sambia Diakite, 12-Seydou Keita, 17-Mahamane Traore (Samassa 76'); 11-Sigamary Diarra (Maiga 45'), 9-Cheick Tidiane Diabate



( mrp / nds )

0 comments

Post a Comment