Thursday, January 17, 2013

Puncak Klasemen Juventus dalam Ancaman


Jakarta - Juventus meraih hasil tak memuaskan dalam dua pertandingan terakhirnya di Seri A. Jika gagal menang saat menjamu Udinese akhir pekan ini, puncak klasemen yang mereka miliki berada dalam ancaman.

Juventus unggul delapan poin atas Lazio di posisi kedua saat kompetisi Liga Italia Seri A memasuki periode jeda Natal dan tahun baru di penghujung Desember lalu. Namun baru dua pertandingan di jalani di 2013, jarak tersebut kini terpangkas menjadi tiga poin saja (45:42).

Dua hasil tak memuaskan yang didapat Juventus menjadi penyebabnya. Dua pekan lalu skuat besutan Antonio Conte itu secara mengejutkan kalah 1-2 di kandang sendiri saat menghadapi 10 pemain Sampdoria. Sementara akhir pekan kemarin dalam lawatan ke Parma, 'Si Nyonya Tua' cuma dapat satu poin hasil bermain imbang 1-1.

Jikapun nantinya kalah atas Udinese, Juventus sejatinya belum akan tergusur dari puncak klasemen karena mereka memiliki selisih gol yang lebih baik dibanding Lazio -- dengan asuPGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTAvMDEvc21zLXZhbGVudGluZS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPnNtczwvYT4=i Lazio menang dan punya poin sama 45. Namun tetap saja kondisi tersebut sangat dihindari dan jadi situasi yang jelas membahayakan peluang mempertahankan Scudetto.

Melihat catatan pertemuan Juventus dan Udinese dalam beberapa tahun terakhir, Bianconeri memang layak waspada. Meski pada paruh pertama musim mereka bisa menang telak 4-1, toh Zebrette selalu menghadirkan kejutan tak menyenangkan. Salah satunya terjadi dua musim lalu saat Udinese memetik kemenangan 2-1 atas Juventus di Turin.

Udinese sendiri kini tengah dalam tren bagus, setidaknya dalam dua pertandingan terakhir di mana mereka berhasil mengamankan enam angka. Di pertanding awal tahun Udinese menghantam Inter Milan 3-0, sementara akhir pekan kemarin mereka menang 3-1 atas Fiorentina.

Jika Juventus gagal meraih poin, maka Lazio punya peluang untuk menyamakan perolehan angkanya. Akhir pekan ini Biancocelesti akan melawat ke Palermo, klub yang sementara ini terpuruk di urutan 19 klasemen.

Statistik lain yang membuat Lazio sangat layak diunggulkan adalah fakta bahwa di Seri A, Lazio belum terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir. Dalam kurun tersebut tujuh kemenangan berhasil didapat sementara dua lainnya berkesudahan imbang.

Tapi jika sampai terpeleset, posisi runner up milik Lazio bisa jatuh ke tangan Napoli. Partenopei bakal menlanjutkan perjuangannya akhir pekan ini dengan bertandang ke Fiorentina.

Terlepas dari perebutan posisi di puncak klasemen, laga big match akan terjadi di Stadion Olympico saat Roma menjamu Inter Milan.

Tuan rumah akan mencoba bangkit setelah pada dua laga sebelumnya digasak Napoli 4-1 dan menyerah 0-1 di tangan Catania. Di sisi lain, Inter juga masih berupaya menjaga konsistensinya.

Sempat menjadi pesaing Juventus di puncak klasemen, Inter kini ada di urutan empat dan punya statistik tak memuaskan di penghujung tahun lalu saat berturut-turut kalah dari Lazio, diimbangi Genoa dan menyerah di tangan Udinese.

Berusaha menjaga konsistensi di awal tahun 2013 ini adalah AC Milan. Setelah menang dengan susah payah atas Siena di awal tahun, Rossoneri dipaksa puas dengan hasil 0-0 kala melawat ke Sampdoria. Sementara akhir pekan ini lawan yang akan dihadapi adalah Bologna, dalam laga yang akan dihelat di San Siro.

wajib untuk kembali terus meraih kemenangan demi memuluskan target masuk zona Liga Champions. Christian Abbiati dkk sementara ini masih tercecer di posisi tujuh klasemen dengan poin 31, terpaut sembilan dari Napoli sebagai klub terakhir di zona Liga Champions.


( din / rin )

0 comments

Post a Comment