Monday, January 14, 2013

Sepakbola-lah yang Menyembuhkan Vilanova


Barcelona - Musim ini karier Tito Vilanova diganggu oleh tumor yang menggerogoti tubuhnya. Jika ia akhirnya bisa bertahan dan terus melatih, itu semua karena Vilanova mencintai sepakbola.

Ketika sedang nyamannya membawa Barcelona melaju di La Liga, Vilanova mendapat kabar tak sedap di bulan Desember lalu saat ia ia divonis mengalami tumor keduanya di kelenjar ludah. Musim sebelumnya pelatih 44 tahun itu juga mengalami masalah serupa.

Alhasil Vilanova sempat diprediksi akan absen lama pasca menjalani operasi pengangkatan tumor itu. Namun, saat Barca melakoni laga pertama tahun ini kontra Espanyol pekan lalu, Vilanova sudah duduk di bangku cadangan.

Sempat absen lagi di laga Copa Del Rey kontra Cordoba karena harus menjalani pengobatan di New York, Vilanova kemudian sudah kembali ke Spanyol dan mendampingi tim saat menghadapi Malaga di pekan ke-19 ini.

Jika akhirnya Vilanova sekarang bisa kembali melatih lebih cepat dari yang diperkirakan dan sepertinya kondisinya sehat-sehat saja, itu semua karena ia mencintai sepakbola. Dengan sepakbola lah, ia bisa berjuang melawan penyakit tumor yang menjalar di tubuhnya.

Bahkan di tangan Vilanova lah Barca bisa memecahkan rekor poin selama paruh musim yakni 55, yang sebelumnya juga dimiliki oleh tim asal Catalan itu saat dilatih Pep Guardiola musim 2010/2011.

"Saya mendapat banyak pesan dukungan, tapi saya ingin dihargai karena kinerja saya, bukan karena penyakit saya. Sepakbola bagi saya bukan sekadar pekerjaan, melainkan sebuah kesenangan juga. Itulah terapi terbaik untuk saya," ujar Vilanova di

"Kami sangat puas bisa meraih 55 poin dari kemunkinan 57 poin. Luar biasa kami bisa memenangi 10 pertandingan beruntun," demikian Vilanova.



( mrp / nds )

0 comments

Post a Comment