Friday, January 18, 2013

The Citizens Ingin Bangun Dinasti


Manchester - Manchester City tak ingin meraih kesuksesan dalam waktu sebentar saja. The Citizens bertekad untuk mendominasi sepakbola selama 20 tahun ke depan dan bahkan lebih.

Saat ini, City memang lebih banyak membeli pemain untuk membangun tim. Akibatnya, mereka harus mengeluarkan dana besar demi mengangkut pemain-pemain bintang ke Eastlands.

Setelah diperkuat pemain-pemain kelas wahid, City terhitung cukup sukses, setidaknya di Inggris. Klub milik Sheikh Mansour itu telah memenangi satu trofi Premier League, satu Piala FA, dan satu Community Shield.

Namun, City sadar tak bisa selamanya mengandalkan pemain-pemain dari luar. Oleh karena itu, mereka juga mulai fokus pada pengembangan pemain-pemain muda dari akademi sendiri.

City saat ini tengah membangun akademi baru, yang merupakan bagian dari Etihad Campus, di atas lahan seluas 80 acre (sekitar 32,3 hektar), tidak jauh dari Etihad Stadium. Proses pembangunan akademi baru yang nantinya bisa menampung 400 orang pemain muda itu diperkirakan akan selesai sebelum musim 2014/2015.

Dengan memiliki akademi yang bagus dan menghasilkan pemain-pemain muda berkualitas, City berharap bisa terus meraih kesuksesan dalam jangka panjang.

"Kami ingin membangun sebuah dinasti kami sendiri di sini," ujar Eksekutif Pengembangan Sepakbola City, Patrick Vieira, kepada .

"Kami ingin membangun sebuah klub yang bisa juara untuk 20 tahun ke depan dan seterusnya. Bukan klub yang juara selama dua sampai tiga tahun dan kemudian menurun lagi," katanya.

Lebih lanjut lagi, Vieira mengakui bahwa klubnya memang belum bisa menyamai tetangga mereka, Manchester United, yang sudah begitu lama dominan di Inggris dan juga bisa sukses di Eropa. Meski begitu, dia menegaskan City akan terus berusaha jadi rival terberat MU di tiap musimnya.

"Di City, kami menerima bahwa kami tak memiliki sejarah Manchester United. United akan selalu jadi United, kami tahu itu. Kami sangat menghormati mereka atas hal itu, mereka adalah klub terbesar di liga," aku Vieira.

"Kami tak bisa mengubah hal itu dalam semalam. Jadi, satu-satunya hal yang bisa kami lakukan adalah menantang United di masa mendatang. Ini akan butuh waktu. Ini tak akan terjadi dalam waktu satu atau dua tahun dengan satu atau dua trofi," tutur mantan kapten Arsenal ini.

"Namun, hal-hal sedang berubah. Kami sudah makin dekat ke mereka. Ingat, musim ini kami berstatus juara bertahan. Dan kami ingin terus menantang mereka," katanya.

"Kami ingin setiap musim bersaing dengan mereka untuk mencoba memenangi liga, mencoba memenangi Liga Champions. Itulah kenapa kami secara hati-hati sedang menempatkan proyek yang tepat, fondasi yang tepat, untuk memastikan bahwa kami akan sukses dalam jangka panjang," tandas Vieira.













( mfi / mfi )

0 comments

Post a Comment