Saturday, January 19, 2013

Timnas Kekurangan Striker

Jakarta - Timnas Indonesia telah melakoni ujicoba pertama melawan klub IPL, Pro Duta sebagai persiapan jelang kualifikasi Piala Asia 2015. Dari laga tersebut, asisten pelatih Fabio Olivera mengaku timnas kekurangan penyerang.

Pada pertandingan yang digelar Sabtu (19/1/2013) di Stadion Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, timnas hanya mampu bermain skor kacamata melawan Pro Duta. Beberapa peluang didapatkan skuat Garuda Muda, namun tidak ada gol tercipta.

''Kami sebenarnya tidak melihat hasilnya, karena memang Pro Duta ini kan hanya latihan simulasi untuk menghadapi Irak. Kekuatan Pro Duta juga jauh dari Irak. Tapi dari ujicoba ini kami bisa lihat bagaimana perkembangan anak-anak,'' ujar coach Fabio kepada detikSport.

Fabio mengakui, kekurangan timnas saat ini adalah masih kurangnya pemain di lini depan. Sebab, di skuat yang ada sekarang hanya memiliki satu striker, yaitu Agung Supriyanto. Karena itu, timnas belum mampu menunjukan finishing yang maksimal.

''Tapi kami akui, sektor depan kami kurang. Kami cuma punya Agung Supriyanto sebagai striker. Tentu ini perlu kami perhatikan. Kami punya banyak pemain sayap, sepeti Andik, Bayauw, Okto, tapi bagaimana bisa maksimal jika tidak ada striker untuk finishing. Sehingga kami kesulitan mencetak gol,'' ungkapnya.

''Kualitas Irak yang jelas jauh lebih baik, sisi penyerang mereka sangat berbahaya. Tentunya kondisi kami saat ini ada kekhawatiran sendiri. Sektor depan kami kurang,''

Sejatinya timnas punya beberapa striker ketika Piala AFF 2012 yang juga dipanggil ke timnas kali ini di antaranya, Bambang Pamungkas, Samsul Arif dan M. Rahmat. Namun mereka hingga saat ini belum datang ke pemusatan latihan. Untuk itu, Fabio berharap pemain tersebut secepatnya dapat bergabung.

''Kami punya striker. Tapi mereka belum datang. Kami masih menunggu, karena mau bagaimana lagi. Kalau pun mereka tidak datang, kami harus mencari alternatif lain, tentunya kami akan memaksimalkan pemain yang ada,'' simpulnya.

Indonesia akan menghadapi Irak pada 6 Februari di pertandingan pertama kualifikasi Piala Asia 2015. Sebelum itu anak-anak "Garuda" juga direncanakan berujicoba melawan Yordania pada 1 Februari di Amman.


( ads / nds )

0 comments

Post a Comment