Monday, February 11, 2013

Gol Perdana yang Belum Menjamin Masa Depan Marin di Chelsea

London - Sebagian fans mungkin mulai lupa bahwa Chelsea memiliki Marko Marin. Walaupun ia sudah mengukir gol pertamanya buat si "Biru", tapi tetap saja masa depannya belum terjamin.

Ketika Chelsea memboyong Marin dari Werder Bremen di musim panas lalu, ada ekspektasi yang cukup tinggi pada gelandang serang 23 tahun itu. Maklum, dalam beberapa tahun terakhir Jerman melahirkan banyak pemain tengah bagus.

Chelsea berharap Marin bisa mengambil peran Salomon Kalou yang pindah ke Lille, karena ia dinilai memiliki kemampuan driblling dan teknis yang sama, serta fisik yang nyaman saat memegang bola.

Namun, hari demi hari Marin tak kunjung kelihatan. Namanya hampir selalu ada di daftar pemain cadangan di hampir setiap pertandingan, tapi ia sangat jarang dimainkan. Kalaupun diturunkan, itu hanya untuk beberapa menit.

Di pertandingan Premier League Marin baru dimainkan lima kali, dan hanya satu kali yang dari menit pertama -- itu pun diganti di babak kedua. Total, di semua kompetisi ia baru tampil 11 kali untuk Chelsea -- hanya tiga sebagai starter. Selama setengah musim, total keberadaannya di lapangan bahkan belum sampai 90 menit.

Oleh Chelsea Marin dinilai belum mampu bersaing dengan gelandang-gelandang serang top macam Juan Mata, Oscar, dan Eden Hazard. Belakangan ia juga PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMDYvamVybWFuLWFraGlybnlhLWthbGFoLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+a2FsYWg8L2E+ kesempatan dari Victor Moses.

Hebatnya, walaupun sangat jarang dimainkan, Marin belum terdengar mengeluh. Ia masih ingin berusaha supaya kariernya di Inggris tidak sekadar "numpang lewat".

"Aku punya kontrak lima tahun di sini. Jadi, pertanyaan (pindah) itu tidak pas karena aku baru lima bulan ini. Aku juga sempat cedera tiga bulan. Tentu saja aku ingin lebih sering main, tapi ada beberapa fPGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvcmF5LXNhaGV0YXB5LWtlYmFueWFrYW4tYWt0b3ItaW5kb25lc2lhLWFnYWstbGVtYmVrLmh0bWwNIiB0YXJnZXQ9Il9ibGFuayIgcmVsPSJub2ZvbGxvdyI+YWt0b3I8L2E+ kenapa aku belum bisa begitu," ungkapnya kepada majalah Kicker bulan lalu, ketika ia disarankan kembali ke Jerman.

Marin menyadari salah satu opsi bagus dalam situasinya adalah menambah jam terbang di klub lain. Chelsea pun sudah membuka pintu pada sejumlah klub untuk meminjamnya di bursa musim dingin lalu, tapi tidak ada yang terealisasi.

Hari Sabtu lalu Marin diturunkan Rafael Benitez di menit-menit terakhir pertandingan melawan Wigan, dan ia mendapatkan berkah spesial. Di injury time ia melakukan diving header untuk me-rebound bola muntahan kiper Ali Al Habsi. Marin mencetak gol untuk kali pertama buat

Apakah gol itu akan seketika mengubah peruntungan Marin di Stamford Bridge. Sepertinya klaimat klasik: biarlah waktu yang akan menjawabnya.


( a2s / roz )

0 comments

Post a Comment