Sunday, February 3, 2013

Kalahkan Chievo, Juventus Jauhi Napoli


Verona - Juventus membawa pulang poin penuh dari kunjungannya ke kandang Chievo dalam lanjutan Seri A. Bianconeri menang 2-1 atas tim tuan rumah dan berhasil menjauhi Napoli di papan klasemen.

Bermain di Stadion Marc Antonio Bentegodi, Minggu (3/2/2013) malam WIB, Juve tampil dominan pada babak pertama. Mereka bisa unggul dua gol lewat kaki Alessandro Matri dan Stephan Lichtsteiner.

Di awal babak kedua, Chievo tampil lebih ofensif dan mampu mengurung Juve. Mereka sukses memperkecil ketertinggalan melalui gol Cyril Thereau.

Setelah kebobolan, Juve kembali memegang kendali permainan. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, mereka tak bisa mencetak gol tambahan.

Dengan hasil ini, Juve mengokohkan posisinya di puncak klasemen sementara Seri A dengan 52 poin dari 23 partai, unggul tiga poin atas Napoli yang ada di urutan kedua. Chievo tetap di peringkat ke-12 dengan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Juve menebar ancaman pada menit kedelapan melalui percobaan Arturo Vidal. Namun, tendangan jarak jauh Vidal masih melenceng.

Dua menit kemudian, Juve membuat publik tuan rumah terdiam setelah Matri mencetak sebuah gol PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMTIvMTEvYmVya3VsaXQtc2F3by1tYXRhbmctYWduaS1wcmF0aXN0aGEtbWVyYXNhLXRhbWJhaC1jYW50aWsuaHRtbA0iIHRhcmdldD0iX2JsYW5rIiByZWw9Im5vZm9sbG93Ij5jYW50aWs8L2E+. Vidal yang berdiri di depan kotak penalti melepaskan umpan lambung ke arah Matri dan Matri menyambutnya dengan tendangan voli kaki kiri mematikan.

Sebastian Giovinco berpeluang mencetak gol kedua Juve pada menit ke-13. Sial buat dia, tendangannya dari luar kotak penalti masih melebar.

Giovinco kembali membahayakan gawang Chievo tujuh menit kemudian. Usai bermain umpan satu-dua dengan Matri, dia melepaskan tembakan dari sudut sempit, namun arahnya masih melenceng.

Memasuki menit ke-24, Chievo sempat mengancam lewat Alberto Paloschi. Tapi, sontekan Paloschi bisa ditangkap oleh Gianluigi Buffon.

Tim tamu terus menekan dan mereka hampir menambah gol pada menit ke-29. Tendangan Giovinco dari pojok kotak penalti berubah arah setelah mengenai pemain lawan, tapi bola yang mengarah ke gawang bisa ditepis oleh kiper Chievo, Christian Puggioni.

Usaha Andrea Pirlo pada menit ke-36 belum mengubah keadaan. Tendangan bebas yang dia lepaskan bisa diantisipasi oleh Puggioni.

Juve nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-39. Lichtsteiner berhasil mengejar umpan matang dari Pirlo dan tinggal menghadapi Puggioni. Tapi, penyelesaiannya bisa dihalau si kiper.

Berselang tiga menit, kedudukan akhirnya berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Juve. Berawal dari pergerakan Matri di kotak penalti, bola kemudian diumpankan kepada Giovinco. Giovinco dengan cerdik memberikan umpan kepada Lichtsteiner. Nama terakhir tak menyia-nyiakan peluang dan bisa mengirim bola ke dalam gawang lewat tembakan kaki kirinya.

Chievo berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-52. Umpan panjang Luca Rigoni ke kotak penalti dibelokkan oleh Paloschi ke arah Thereau. Tanpa pikir panjang, Thereau menyambar bola dengan tembakan ke pojok bawah gawang.

Juventus punya kesempatan untuk menjauh lagi pada menit ke-75. Tapi, tendangan Paolo De Ceglie bisa ditangkap oleh Puggioni.

Di menit ke-81, tendangan bebas Pirlo juga tak mengubah skor. Bola hasil tembakan gelandang veteran itu tak mengarah ke gawang.

Hingga selesainya pertandingan, kedudukan 2-1 untuk keunggulan Juve tak berubah.

Susunan Pemain
Chievo: Puggioni; Sampirisi (Acerbi 46'), Dainelli, Andreolli, Cesar (Seymour 46'), Jokic; Hetemaj, L Rigoni, Cofie (Pellissier 74'); Thereau, Paloschi

Juventus: Buffon; Barzagli, Marrone, Caceres; Lichtsteiner (Padoin 79'), Vidal, Pirlo, Pogba, De Ceglie; Matri (Isla 89'), Giovinco (Quagliarella 58')



( mfi / mfi )

0 comments

Post a Comment