Wednesday, February 13, 2013

Madrid-MU Sama Kuat 1-1


Madrid - Real Madrid tak mampu memaksimalkan kesempatan main di kandang sendiri di leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Los Blancos harus menerima hasil seri 1-1 melawan tamunya, Manchester United.

Madrid mengendalikan permainan saat menjamu MU di Santiago Bernabeu, Kamis (14/2/2013) dinihari WIB. Statistik mencatat mereka unggul penguasaan bola sampai 61 persen.

Tim besutan Jose Mourinho itu juga membuat 28 percobaan mencetak gol dan delapan di antaranya tepat sasaran. MU membalas dengan 13 tembakan dan enam di antaranya mengarah ke gawang.

Meski lebih banyak bertahan, MU unggul lebih dulu lewat gol Danny Welbeck di babak pertama. Tapi, Madrid bisa membalasnya melalui sundulan Cristiano Ronaldo.

Babak kedua masih dikuasai Madrid. Namun, hingga peluit panjang berbunyi, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Leg kedua akan digelar di Old Trafford pada 5 Maret mendatang. Untuk lolos ke perempatfinal, Madrid butuh kemenangan atau hasil imbang dengan skor lebih dari 1-1. Sementara itu, hasil imbang tanpa gol akan cukup untuk meloloskan MU.

Jalannya Pertandingan

Madrid menebar ancaman pada menit keempat melalui aksi Angel Di Maria. Tapi, tembakan Di Maria dari luar kotak penalti masih melenceng.

Berselang semenit, tim tuan rumah nyaris menjebol gawang MU. Tendangan Fabio Coentrao ditepis David de Gea sebelum mengenai tiang gawang.

Terus dikurung, MU malah bisa mencuri gol pada menit ke-20. Berawal dari sepak pojok Wayne Rooney, Welbeck memenangi duel udara dan berhasil mengirim bola ke dalam gawang dengan kepalanya.

Madrid berpeluang menyamakan skor di menit ke-23. Tapi, tendangan mendatar Di Maria bisa dimentahkan oleh De Gea.

Lima menit kemudian, giliran Ronaldo yang membahayakan gawang mantan klubnya. Tendangan keras kaki kirinya dari luar kotak penalti hanya melenceng tipis.

Seisi Bernabeu bersorak pada menit ke-30 setelah Madrid sukses menyamakan skor 1-1. Ronaldo melompat tinggi untuk menyundul umpan silang Di Maria dari sisi kiri. De Gea mencoba menjangkau bola, tapi usahanya sia-sia dan gawangnya pun bergetar.

MU nyaris unggul lagi pada menit ke-34. Umpan Robin van Persie dibelokkan oleh Welbeck ke arah gawang, tapi bola bergulir ke luar lapangan setelah mengenai kiper Diego Lopez.

Dari sepak pojok, tim tamu kembali mendapatkan peluang. Namun, tendangan Rooney dari dalam kotak penalti masih sedikit melebar.

De Gea membuat penyelamatan apik di menit ke-38. Dia menjatuhkan diri untuk mementahkan tendangan voli yang dilepaskan Mesut Oezil dari sudut sempit.

Pada menit ke-43, Ronaldo menjajal peruntungannya lewat tendangan dari luar kotak penalti. Bola masih melayang tipis di atas mistar.

Di awal babak kedua, MU punya kesempatan untuk unggul lagi. Tapi, sundulan Phil Jones masih melambung.

Madrid meresponsnya dengan peluang yang diperoleh Ronaldo pada menit ke-49. Tapi, sepakan mendatar CR7 mengarah tepat ke De Gea.

Usaha Di Maria tiga menit kemudian juga belum mengubah keadaan. Tendangannya dari luar kotak penalti bisa diamankan De Gea.

Peluang selanjutnya masih jadi milik Di Maria. Dia akan membobol gawang MU kalau saja tendangan volinya dari depan kotak penalti tidak melenceng.

Madrid hampir saja mencetak gol keduanya pada menit ke-60. Umpan silang Sami Khedira disontek Coentrao, namun De Gea membuat penyelamatan gemilang. Dia berjibaku menghalau bola dengan kakinya.

Van Persie mendapatkan dua peluang emas berturut-turut pada menit ke-72. Usaha pertamanya bisa ditepis Lopez dan kemudian kena mistar. Beberapa saat setelahnya, bola sontekannya sudah mengarah ke gawang kosong, tapi bisa disapu Xabi Alonso.

De Gea benar-benar tampil prima di laga ini. Dia menunjukkan reaksi yang sangat baik saat menangkap tendangan keras Khedira dari depan kotak penalti di menit ke-79.

Madrid yang terus menekan mendapatkan peluang lagi pada menit ke-85 lewat tendangan bebas Ronaldo. Tapi, tembakan Ronaldo masih melayang tipis di atas mistar.

Di menit-menit akhir, peluang Van Persie juga tak berbuah gol. Tendangannya bisa ditepis Lopez.

Susunan Pemain
Real Madrid: Diego Lopez; Arbeloa, Varane, Ramos, Coentrao; Alonso (Pepe 83'), Khedira; Di Maria (Modric 75'), Oezil, Ronaldo; Benzema (Higuain 60')

Manchester United: De Gea, Rafael, Evans, Ferdinand, Evra, Jones, Carrick, Kagawa (Giggs 64'), Welbeck (Valencia 73'), Rooney (Anderson 84'), Van Persie

( mfi / din )

0 comments

Post a Comment