Saturday, February 23, 2013

Pesta Gol Tandai Pertandingan ke-1.000 Heynckes di Bundesliga


Munich - Kemenangan 6-1 Bayern Munich atas Werder Bremen menandai momen istimewa untuk sang pelatih, Jupp Heynckes. Di saat Bayern meraup tiga poin dalam lajunya menuju takhta juara Bundesliga, Heynckes mencatatkan pertandingan ke-1.000 di Bundesliga.

Sebelum terjun ke dunia kepelatihan, nama Heynckes terlebih dulu eksis sebagai pesepakbola. Memulai karier profesional pada tahun 1964 bersama Borussia Moenchengladbach, yang ketika itu bermain di divisi dua, Heynckes ikut mengantar klub itu promosi ke Bundesliga pada tahun 1965.

Sempat bermain untuk Hannover 96 selama tiga tahun, Heynckes kemudian kembali ke Gladbach dan mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola di sana. Total, pria dengan 39 caps untuk Jerman Barat itu bermain di 369 laga Bundesliga.

Usai menyudahi kariernya sebagai pesepakbola, Heynckes merintis jalan menjadi pelatih yang cukup disegani di Eropa. Waktu terus berlalu, dengan Heynckes sempat menukangi sejumlah klub di luar Jerman seperti Real Madrid dan Benfica, dan tepat pada laga kontra Bremen, ia mencatatkan pertandingan ke-631 sebagai pelatih di laga Bundesliga, atau yang ke-1.000 sebagai pemain dan pelatih.

"Itu adalah sebuah jumlah yang luar biasa," kata Heynckes di situs Bayern.

Penilaian itu bukan tanpa alasan mengingat situs Bayern menyebut bahwa Heynckes saat ini cuma kalah dari Otto Rehhagel, orang pertama yang melewati torehan 1.000 pertandingan, setelah melakoni 1.033 laga; 201 sebagai pemain dan 832 sebagai pelatih.

"Itu menunjukkan betapa tahun-tahun sudah berlalu. Sebagai pemain, aku tidak pernah membayangkannya. Ada sejarah panjang di sana dan aku bisa mengisahkan banyak cerita. Ada cukup bahan untuk menulis, bukan cuma satu buku tapi bahkan beberapa, kendatipun aku tidak akan melakukan itu," celoteh pria yang kini berusia 67 tahun itu.

Kemenangan atas Bremen sendiri membuat Bayern kini semakin sulit dihentikan meraih gelar juara Bundesliga musim ini. Sampai dengan 23 laga, klub Bavaria itu telah mengoleksi 60 poin untuk duduk di pucuk klasemen, terpaut 18 angka dari Borussia Dortmund yang ada di posisi dua meski baru melakoni 22 pertandingan.



( krs / cas )

0 comments

Post a Comment