Thursday, February 21, 2013

Sponsor Persib Bertambah

Bandung - Jika banyak klub masih megap-megap untuk menghidupi dirinya, Persib Bandung terus mendapatkan sponsor. Terakhir, mereka menjalin kerja sama co-branding dengan perusahaan operator telekomunikasi.

Bertempat di restoran The Centrum, Jln. Belitung, Bandung, Kamis (21/2/2013), Persib meresmikan kerja samanya dengan PT. Indosat.

Penandatanganan kerja sama dilakukan secara simbolis oleh Director & Chief Commercial Officer PT Indosat, Erik Meijer, dan Direktur Marketing dan Promosi Persib Bandung, Muhammad Farhan, serta disaksikan oleh Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda, Kamis (21/2/2013).

"Sebagai perusahaan telekomunikasi yang menyasar anak muda dengan brand IM3, kerjasama co-branding ini diharapkan dapat meningkatkan animo anak muda dan masyarakat di Jabar pada umumnya untuk mendukung dan memajukan olahraga nasional, khususnya sepakbola," ujar Erik.

Kostum Persib di musim ini terbilang ramai oleh logo sponsor. Sebelum masuk Indosat sudah ada Honda, League, Evalube, Corsa, Harum Energy, Surya Eka Perkasa, Madu Pahit Al Manaz, dan kopi susu ABC.

Ditanya soal kemungkinan penambahan sponsor, Farhan menyatakan akan mempertimbangkannya lebih dulu.

"Akan saya hitung dulu di bagian mana yang bisa kita tempeli lagi (sponsor--red). Karena bagaimanapun ada aturan dari liga soal pemasangan logo sponsor pendukung. Kalau tidak ada aturannya, mungkin di jersey itu sudah kayak bilboard," selorohnya.

Pada kesempatan yang sama Farhan memberi ilustrasi seberapa besar bobotoh yang ada di Indonesia saat ini. Ia menyebut di kisaran 5,3 juta.

"Selama ini kalau ditanya, berapa banyak bobotoh Persib, pasti jawabnya banyak. Tapi seberapa banyak, karena data di Viking atau Bomber 'kan bisa berbeda. Makanya tahun 2011 kita lakukan survei. Dan proyeksinya ada 5,3 juta orang yang mendukung Persib," tuturnya.

Survei tersebut, katanya, dilakukan di 17 kota di Jawa Barat plus Jakarta dan Surabaya. Dari situ digali seberapa dalam mereka mengetahui, menyukai, frekuensi menonton pertandingan baik lewat televisi maupun ke stadion, sampai perilaku membeli berlabel Persib.

Salah satu hasil adalah soal Persib sebagai sebuah identitas. Sebanyak 70 persen fans menyebut Persib merupakan identitas orang Jabar atau Sunda. Yang menganggap "Maung Bandung" identitas Bandung sebanyak 18%, sedangkan sisanya memandang Persib mewakili identitas sepakbola Indonesia.



( tya / a2s )

0 comments

Post a Comment