Monday, February 11, 2013

Valencia Kuat di Mestalla, PSG Sedang Sulit Dikalahkan


Jakarta - Valencia sedang memiliki rekor yang bagus setiap kali bermain di kandangnya sendiri. Sebaliknya, Paris St Germain juga sedang sulit dikalahkan.

Berikut ini sejumlah statistik terkait kedua tim tersebut yang akan berduel di leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Estadio Mestalla, Selasa malam atau Rabu (13/2/2013) dinihari WIB, seperti dirangkum situs resmi UEFA:

Valencia

- Kemenangan berikutnya Valencia akan menjadi kemenangan ke-50 mereka dalam sejarah keikutsertaan mereka di kompetisi tertinggi Eropa.

- Valencia tak terkalahkan dalam sembilan laga terakhirnya di Mestalla di Liga Champions. Kekalahan terakhir mereka di sana terjadi pada 29 September 2010, dari Manchester City.

- Saat mencetak hat-trick di Matcday III, Roberto Soldado menjadi pemain ke-13 yang pernah mendulang trigol lebih dari satu kali di Liga Champions. Dan ia orang Spanyol pertama yang membuat catatan tersebut.

- Ini adalah Liga Champions pertama yang dilakoni pelatih Ernesto Valverde sejak ia memimpin klub Yunani, Olympiakos, mengalahkan Arsenal 3-1 di bulan Desember 2011. Tapi kala itu Olympiakos gagal lolos dari fase grup.

- Rekor bertandingan El Che selama dipegang Valverde adalah 8-2-3. Saat ia mulai menangani, Valencia berada di peringkat 12 klasemen La Liga, dan saat ini ada di urutan keenam. Ia menggantikan Mauricio Pellegrino yang dipecat di awal Desember.

Paris St Germain

- Kemenangan atas Dinamo Zagreb di Matchday III adalah kemenangan tandang pertama PSG di Liga Champions dari 11 percobaan. Sebelumnya, kali terakhir mereka menang di kandang lawannya adalah saat melawat ke IFK Gotenborg pada November 1997.

- Sepanjang sejarah keikutsertaannya di Liga Champions, PSG kebobolan 48 gol. Semua gol itu tercipta dari dalam kotak penalti. Tapi di musim ini mereka hanya kebobolan tiga di babak grup, paling sedikit dibanding tim-tim lain.

- Zlatan Ibrahimovic mengumpulkan lima assist di fase grup musim ini, termasuk empat di Matchday IV. Sampai saat ini ia memimpin daftar top assist. Ia juga melepaskan 12 tendangan yang melebar, terbanyak dibanding pemain-pemain lain.

- Ibrahimovic adalah pemain pertama yang mencetak gol di Liga Champions untuk enam klub berbeda: Ajax, Juventus. Inter, Barcelona, AC Milan, dan PSG.

- PSG tak terkalahkan dalam 12 laga terakhirnya di semua kompetisi, memenangi 11 di antaranya. Kekalahan terakhir mereka adalah di kandang Nice di Ligue 1 pada 1 Desember lalu dengan skor 0-1.

- Ibrahimovic mencetak gol di detik ke-27 saat PSG menang 2-1 atas Lille pada 2 September. Itu adalah gol tercepat dalam sejarah PSG.

- Thiago Silva masuk dalam pada Januari lalu, dengan rekor 5,3 juta suara dalam polling.




( a2s / rin )

0 comments

Post a Comment