Tuesday, April 16, 2013

ASSBI Siapkan Tim untuk ke Gothia Cup di Gothenburg

Jakarta - Asosiasi Sekolah Sepak Bola Indonesia (ASSBI) terus mempersiapkan tim yang akan dikirim mewakili Indonesia di ajang turnamen usia muda, Gothia Cup, di Gothenburg, Swedia.

Untuk membentuk tim U-16 tersebut ASSBI telah melakukan seleksi di sejumlah daerah di tanah air, yaitu Jawa Barat, Lampung, Jakarta, Aceh, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, sejak Februari sampai Mei.

"Program seleksi ini kami beri nama 'The Journey 17 Patriots', karena nantinya jumlah pemain yang akan dibawa ke Swedia sebanyak 17 anak," terang Ketua Umum ASSB Taufik Jursal Effendi dalam keterangannya kepada detiksport, Selasa (14/4/2013).

Ke-17 pemain terpilih itu adalah mereka yang terbaik dari 154 pemain yang akan mengikuti seleksi tahap final pada 7-8 Mei mendatang di Bekasi atau Karawang.

Gothia Cup adalah turnamen usia muda terbesar di dunia karena diikuti puluhan negara dan ribuan pemain di level U-11 sampai U-16, baik putra maupun putri. Kompetisi yang sudah dihelat sejak tahun 1975, dan didukung oleh pemerintah Kerajaan Swedia, tahun ini akan diikuti oleh lebih dari 4.500 pemain dari sekitar 70 negara.

Dijelaskan Taufik, tahun ini tim U-16 bentukan ASSBI yang akan berpartisipasi di Gothia Cup 2013 diberi nama 'Garuda Keadilan FC'. Terpilih sebagai event ini adalah Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

"Selain untuk Gothia Cup, tim ini juga kami proyeksikan untuk Pra Piala Asia U-17, dari 26 September sampai 7 Oktober 2013, kalau-kalau PSSI belum menyiapkan sebuah tim. Kami siap membantu federasi untuk mendapatkan tim yang kompetitif, supaya Indonesia bisa tampil di putaran final Piala Asia U-16 tahun depan," tambah Taufik.

Selain Garuda Keadilan FC, ada dua tim lain yang mewakili Indonesia di ajang Gothia Cup 2013, yaitu untuk U-12 dan U-14. Rencananya pula program 'The Journey 17 Patriots' akan ditayangkan sebanyak 13 episode oleh stasiun TVRI, termasuk seleksi final.


(a2s/krs)

0 comments

Post a Comment