Saturday, February 9, 2013

Hari ke-57 yang Sangat Berat untuk Keller di Schalke


Gelsenkirchen - Minggu lalu fans bahkan sudah ada yang berani memasang spanduk yang menyerukan pemecatan dirinya. Ditambah kekalahan telak dari Bayern Munich tadi malam, nasib Jens Keller dalam bahaya.

Setelah memecat Huub Stevens pada pertengahan Desember, manajemen Schalke langsung mempromosikan Keller sebagai pelatih tim pertama. Padahal ia baru beberapa bulan bekerja di klub tersebut sebagai pelatih tim yunior.

Pilihan Schalke pada Keller kala itu dinilai sebagai perjudian besar. Sebabnya, pria 42 tahun itu tak punya pengalaman melatih di level top. Kesempatan pertamanya adalah saat dipromosikan dari asisten menjadi pelatih kepala di Stuttgart. Diangkat pada 13 Oktober 2010, dua bulan kemudian ia dipecat. Dari 13 pertandingan ia hanya memberikan kemenangan 38,46%.

Bagi fans Schalke, Keller kapasitas Keller diragukan karena timnya bukan cuma harus bangkit di liga, tapi juga mereka masih terlibat di Liga Champions. Kekhawatiran itu sejauh ini beralasan. Di laga pertama di bawah kendali Keller, Schalke kalah dari Mainz di babak 16 besar dan tersingkir dari Piala Liga.

Di pertandingan pertamanya di tahun 2013, setelah winter break berakhir, Schalke menang susah payah, 5-4, atas Hannover. Tapi di pekan berikutnya,hanya mampu bermain tanpa gol melawan tim papan bawah, Augsburg.

Fans lebih terkejut lagi ketika minggu lalu Schalke menjamu tim juru kunci, Greuther Fuerth, dan mereka kalah dengan skor 1-2.

"Keller keluar!", demikian suporter menyambut kedatangan Keller di markas latihan tim di Gelserkirchen sehari setelah kekalahan tersebut. Spanduk pengusiran itu sudah diciptakan untuk Keller di hari ke-51 ia berada di klub tersebut.

"Hasil ini sebuah petaka dan memalukan," seru general manager Horst Heldt kala itu. "Ini sebuah langkah mundur yang besar, padahal kami sudah merencanakan meraih tiga poin."

Namun, Heldt masih memberi dukungan moral pada pelatihnya itu dengan mengatakan bahwa mereka tetap menaruh kepercayaan pada Keller.

Kepercayaan itu dipertaruhkan lagi setelah tadi malam (9/2/2013) Schalke gagal mengimbangi Bayern Munich. Bertandang ke Allianz Arena, mereka kalah telak 0-4. Suporter pun mencemooh Keller.

Saat ini posisi Schalke di klasemen Bundesliga adalah nomor sembilan, padahal musim lalu finis di peringkat ketiga. Nasib Keller diperkirakan segera ditentukan dalam seminggu ke depan, setelah mereka menghadapi Mainz di liga, lalu Galatasaray di Liga Champions.






( a2s / roz )

0 comments

Post a Comment