Wednesday, March 13, 2013

Alih Fungsi, Lampu yang Dulu Ada di Ladang Ganja Kini Dipakai di Stadion


Nottingham - Notts County FC punya sebuah cara menarik untuk menekan pengeluaran klub, khususnya dalam pemeliharaan rumput stadion. Klub Inggris itu menggunakan peralatan lampu sorot yang sebelumnya digunakan untuk menanam ganja.

Peralatan lampu yang harganya bisa mencapai puluhan ribu poundsterling itu sebelumnya memang digunakan untuk sebuah ladang ganja di Nottinghamshire, sebelum akhirnya disita pihak kepolisian dalam sebuah razia.

Nah, kalau biasanya peralatan itu akan dihancurkan, kini tidak demikian karena Notts County sudah bekerja sama dengan kepolisian agar dapat menggunakan peralatan itu di stadionnya, Meadow Lane. Dengan kerjasama tersebut peralatan lampu yang harganya cukup mahal itu pun bisa kembali digunakan untuk tujuan yang lebih baik sehingga tak mubazir.

"Properti ini biasanya dihancurkan, jadi penting bisa digunakan lagi dan banyak orang yang mendapat keuntungan darinya," kata Inspektur Polisi Mark Holland di

Pihak Notts County jelas senang benar bisa mendapatkan peralatan lampu tersebut. Selain karena memang daya pancarnya yang bagus sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rumput stadion di musim dingin, klub itu pun jadi bisa berhemat. Notts County sendiri telah memberi sumbangan ke sebuah badan amal lokal yang didukung oleh Kepolisian Nottinghamshire sebagai ucapan terima kasih.

"Biasanya untuk membeli peralatan seperti ini Anda butuh sekitar 10 ribu poundsterling sampai 15 ribu poundsterling (Rp 144 juta-Rp 217 juta)," kata Greg Smith selaku manajer stadion klub.

"Di klub ini kami memainkan dua olahraga, sepakbola dan rugby, dan kami memiliki sebuah tribun utama yang membuat sinar PGEgaHJlZj0iaHR0cDovL2FkaXByYW1hbmEuY29tLzIwMDkvMDEvZm90by1nZXJoYW5hLW1hdGFoYXJpLTI2LWphbnVhcmktMjAwOS5odG1sDSIgdGFyZ2V0PSJfYmxhbmsiIHJlbD0ibm9mb2xsb3ciPm1hdGFoYXJpPC9hPg== tidak masuk pada saat musim dingin."

"Jadi kini kami bisa menggunakan peralatan itu dari awal Oktober sampai dengan akhir Februari, yang diharapkan dapat menumbuhkan rumput buat kami," paparnya.

Maka jadilah lampu yang dulu digunakan untuk menanam ganja pun kini resmi beralih fungsi untuk menumbuhkan rumput stadion di sebuah klub sepakbola.

( krs / mfi )

0 comments

Post a Comment