Tuesday, April 30, 2013

Exco PSSI Akan Bahas Nasib Klub-Klub IPL yang WO


Jakarta - Nasib klub-klub Indonesian Premier League (IPL) yang sempat melakukan aksi (WO) akan segera diputuskan. PSSI akan membawa masalah tersebut dalam rapat Komite Eksekutif pekan depan.

"Soal klub-klub yang bermasalah ini akan kami putuskan di rapat Exco. Langkah apa yang harus kami ambil terhadap operator kompetisi sekaligus klub-klub itu," ujar Anggota Exco Bidang Kompetisi PSSI, Erwin Dwi Budiawan, saat dihubungi, Rabu (1/5/2013).

Semenjak keputusan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 17 Maret terkait unifikasi liga, yang memutuskan bahwa penyatuan liga musim depan diikuti 18 klub ISL dan empat klub IPL, klub-klub IPL seperti "kehilangan gairah" menjalankan kompetisi.

Persebaya 1927, misalnya,kini mengalami ketidakjelasan soal masa depan. Sebabnya, terkait dualisme klub, PSSI melalui wakil ketua umum La Nyalla Mattalitti pernah menyatakan bahwa Persebaya yang asli adalah yang saat ini bermain di Divisi Utama PT Liga Indonesia.

Terakhir, Persebaya pun sempat tidak mengikuti beberapa pertandingan IPL dan dinyatakan kalah WO. Hal serupa pun dilakukan beberapa klub lain.

Dijelaskan Erwin pihaknya nanti akan memberikan dua pilihan kepada klub-klub tersebut, yaitu dengan memanggil operator kembali atau langsung memutuskan siapa saja klub yang bermasalah untuk dilaporkan ke Komisi Disiplin (Komdis).

"Keputusannya mau dipanggil langsung atau lempar ke komdis akan ditentukan di rapat Exco," lanjut dia.

Sementara Ketua Komdis Hinca Pandjaitan mengaku sedang menelaah kasus tersebut. Namun dia belum mau memutuskan apapun lantaran masih menunggu keputusan PSSI.

"Memang yang kami lihat bahwa IPL saat ini masih melakukan dialog. Kami siap memproses apapun pelanggaran disiplin mereka. Tapi komdis belum bisa melangkah karena masih menghormati pengelola liga dan PSSI," ujarnya.

"Biarkan mereka menyelesaikan dulu. Jika memang sudah buntu, barulah kami akan bergerak untuk memberikan sanksi atau hukuman sesuai pelanggaran disiplin mereka," tukas Hinca.



(ads/a2s)

0 comments

Post a Comment